PENILAIANdalamKURIKULUM
2013
PenilaianProsesdanHasilBelajar
Daftar Isi
1
KebijakanUmumPenilaian
2
PenilaianProsesdanKompetensisecaraUtuh
3
PenilaianKompetensiSikap
4
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
5
Penilaian Kompetensi Keterampilan
6
Model Rapor
PenilaianProsesdanHasilBelajar
1
Kebijakan Umum Penilaian
PenilaianProsesdanHasilBelajar
LandasanPenilaian
- UU No
20 Tahun 2003
- PP No
32 Tahun 2013
- Permendikbud
No 54 Tahun 2013
- Permendikbud
No 64 Tahun 2013
- Permendikbud
No 65 Tahun 2013
- Permendikbud
No 66 Tahun 2013
- Permendikbud
No 81 A Tahun 2013 , Lampiran IV
PenilaianProsesdanHasilBelajar
Pengertian
- PenilaianadalahprosespengumpulandanpengolahaninformasiuntukmengukurpencapaianhasilbelajarPesertaDidik
- Penilaianmerupakanserangkaiankegiatanuntukmemperoleh,
menganalisis, danmenafsirkan data tentangprosesdanhasilbelajarpesertadidik
yang dilakukansecarasistematisdanberkesinambungan,
sehinggamenjadiinformasi yang bermaknadalampengambilankeputusan
- Penilaiandapatdilakukanselamapembelajaranberlangsung
(penilaianproses) dansetelahpembelajaranusaidilaksanakan
(penilaianhasil/produk)
PenilaianProsesdanHasilBelajar
PrinsipdanPendekatanPenilaian
Prinsip
Pendekatan
Pendekatanpenilaian yang digunakanadalahpenilaianacuankriteria (PAK)
PAK merupakanpenilaianpencapaiankompetensi yang
didasarkanpadakriteriaketuntasan minimal (KKM).
KKM Pengetahuan dan Keterampilan : > 2.66
KKM Sikap : Baik
- Sahih
- Objektif
- Adil
- Terpadu
- Ekonomis
- Transparan
- Menyeluruhdankesinambungan
- Sistematis
- Akuntabel
- Edukatif
PenilaianProsesdanHasilBelajar
KarakteristikPenilaian
PenilaianProsesdanHasilBelajar
JENIS PENILAIAN
- Penilaian
otentik
- Penilaian
diri
- Penilaian
berbasis portofolio
- Ulangan
harian
- Ulangan
tengah semester
- Ulangan
akhir semester
- Ujian
Tingkat Kompetensi/ UTK
- Ujian
Mutu Tingkat Kompetensi/ UMTK
- Ujian
Nasional/ UN
- Ujian
Sekolah
Sistem Penilaian
Kurikulum 2013
PenilaianProsesdanHasilBelajar
Sistem Penilaian
Kurikulum 2013
- Ujian
Tingkat Kompetensi
- (yang
bukan UN)
- Waktu:
Tiap tingkat kompetensi
- 2.
Ujian Sekolah
- Waktu:
Akhir jenjang sekolah
1. Penilaian Otentik
Waktu: terus menerus
2. Penilaian Projek
Waktu: Akhir Bab/Tema
3. Ulangan Harian
Waktu: Sesuai rencana
4. UTS/UAS
Waktu: Semesteran
Guru
Pemerintah
1. Ujian Tingkat Kompetensi (UN)
Waktu: Akhir jenjang sekolah
2. Ujian mutu Tingkat Kompetensi
Waktu: Tiap akhir tingkat
kompetensi
Penilaian Diri
Waktu: Sebelum ulangan harian
PenilaianProsesdanHasilBelajar
Tingkat Kompetensi dan
Ujiannya
Tingkat Kompetensi VI
Uji Tingkat Kompetensi VI
Tingkat Kompetensi V
Uji Tingkat Kompetensi V
Tingkat Kompetensi IVa
Uji Tingkat Kompetensi IVa
Tingkat Kompetensi IV
Uji Tingkat Kompetensi IV
Tingkat Kompetensi III
Uji Tingkat Kompetensi III
Tingkat Kompetensi II
Uji Tingkat Kompetensi II
Tingkat Kompetensi I
Uji Tingkat Kompetensi I
PenilaianProsesdanHasilBelajar
RuangLingkupPenilaian
- Tes
Tulis
- Tes
Lisan
- Penugasan
- Observasi
- Penilaiandiri
- Peni.
antarpesertadidik
- Jurnal
- TesPraktik
- Projek
- Portofolio
PenilaianProsesdanHasilBelajar
2
Penilaian Proses dan Kompetensi secara utuh
PenilaianProsesdanHasilBelajar
PenilaianProsesdanHasilBelajar
TeknikdanInstrumenPenilaian
PenilaianProsesdanHasilBelajar
3
Penilaian Kompetensi Sikap
PenilaianProsesdanHasilBelajar
Sikap yang dinilai
PenilaianProsesdanHasilBelajar
TeknikdanInstrumenPenilaian
PenilaianProsesdanHasilBelajar
ContohInstrumenPenilaianSikap
Sesuai Mata Pelajaran
PenilaianProsesdanHasilBelajar
PedomanObservasiSikap Spiritual
Petunjuk :
Lembaraninidiisioleh guru untukmenilaisikap spiritual pesertadidik.
Berilahtandacek (v) padakolomskorsesuaisikap spiritual yang
ditampilkanolehpesertadidik, dengankriteriasebagaiberikut :
4 = selalu, apabilaselalumelakukansesuaipernyataan
3 = sering, apabilaseringmelakukansesuaipernyataandan
kadang-kadangtidakmelakukan
2 = kadang-kadang, apabilakadang-kadangmelakukandan
seringtidakmelakukan
1 = tidakpernah, apabilatidakpernahmelakukan
Catatan: Aspek Pengamatan dapat diubah guru sesuai dengan kepentikanyg
ingin dicapai
NamaPesertaDidik: ………………….
Kelas : ………………….
TanggalPengamatan: …………………..
MateriPokok: …………………..
PenilaianProsesdanHasilBelajar
- LEMBAR
PENILAIAN DIRI
- SIKAP
JUJUR
- Nama
Peserta Didik:………………….
- Kelas:………………….
- Materi
Pokok:………………….
- Tanggal:………………….
- PETUNJUK
- Bacalah
pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
- berilah
tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian
sehari-hari
- Keterangan
:
- SL =
Selalu , apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
- SR =
Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan
- KD =
Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
- TP =
Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
PenilaianProsesdanHasilBelajar
Lembar Penilaian Antarpeserta didik
Sikap Disiplin
Petunjuk :
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang
ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik yang dinilai: ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan: …………………..
Materi Pokok: …………………..
PenilaianProsesdanHasilBelajar
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 14, skor tertinggi 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik: apabila memperoleh skor : 3.33 < skor < 4.00
Baik: apabila memperoleh skor : 2.33 < skor < 3.33
Cukup : apabila memperoleh skor : 1.33 < skor < 2.33
Kurang : apabila memperoleh skor : skor < 1.33
PenilaianProsesdanHasilBelajar
Jurnal
Nama : ……………….
Kelas : ……………….
PenilaianProsesdanHasilBelajar
LembarPengamatanSikap
Kelas : …………………
Hari, Tanggal : …………………
Materi Pokok : …………………
PenilaianProsesdanHasilBelajar
ContohPengolahanRapor
Deskripsi :
Menunjukkan sikap baik dalam kejujuran, kedisiplinan, dan percaya diri.
PenilaianProsesdanHasilBelajar
4
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
PenilaianProsesdanHasilBelajar
TeknikdanInstrumenPenilaian
PenilaianProsesdanHasilBelajar
ContohInstrumenPenilaianPengetahuan
Sesuai Mata Pelajaran
PenilaianProsesdanHasilBelajar
CONTOH PENGOLAHAN
PENILAIAN KD PENGETAHUAN
Cara Konversi Skor ke skala 1 - 4
Deskripsi :
Menguasai semua kompetensi pengetahuan dengan BAIK, terutama dalam . . . ,
tetapi masih perlu meningkatkan kompetensi . . . .
5
PenilaianKompetensi Keterampilan
PenilaianProsesdanHasilBelajar
TeknikdanInstrumenPenilaian
PenilaianProsesdanHasilBelajar
PenilaianKeterampilan
- Penilaianmencakup
:
- PenilaianProses
- Perencanaan
- Pelaksanaan
- Penyajian
- PenilaianHasil
- Isilaporan
- Bahasa
- Estetika
- PedomanPenskorandanRubrik
PenilaianProsesdanHasilBelajar
ContohInstrumen
Sesuai Mata Pelajaran
PenilaianProsesdanHasilBelajar
ContohPenilaianProjek
Kelompok : ……………………..
Kelas : ……………………...
Tema : .........................
PenilaianProsesdanHasilBelajar
Lembar Penilaian Gagasan Kreatif
Kelas: ............................
Nama: ............................
Topik: .............................
- Pedoman
penskoran
- 4 =
sangat baik
- 3 =
baik
- 2 =
cukup
- 1 =
kurang
PenilaianProsesdanHasilBelajar
PengolahanNilaiKeterampilan
- Pengolahannilaidapatmenggunakanbobot
yang samaatauberbedauntukteknikpenilaian
- Rumuspengolahannilai
PenilaianProsesdanHasilBelajar
CONTOH PENGOLAHAN
PENILAIAN KD KETERAMPILAN
Cara Konversi Skor ke skala 1 - 4
A: Praktik
B: Projek
C :Portofolio
Deskripsi :
Menguasai semua kompetensi keterampillan dengan BAIK, terutama dalam . . .
, tetapi masih perlu meningkatkan kompetensi . . . .
6
Model Rapor
PenilaianProsesdanHasilBelajar
Permendikbud No 66
Tahun 2013Bab II bagian E
Laporan hasil penilaian oleh pendidik berbentuk
- nilaidan/ataudeskripsipencapaiankompetensi,
untukhasilpenilaian kompetensi pengetahuan dan keterampilan termasuk
penilaianhasilpembelajarantematik-terpadu.
- deskripsisikap,
untukhasilpenilaiankompetensisikap spiritual dansikapsosial.
PenilaianProsesdanHasilBelajar
Model Rapor SMK
PenilaianProsesdanHasilBelajar
Model RaporSMP (2)
DeskripsiNilai
PenilaianProsesdanHasilBelajar
Lanjutan
KonversiNilaiPengetahuan,
Keterampilan, Sikap
PenilaianProsesdanHasilBelajar
RentangNilaiuntuk KI 3
dan KI 4
PenilaianProsesdanHasilBelajar
RentangNilaiuntuk KI1
dan KI 2
PenilaianProsesdanHasilBelajar
KetuntasanBelajar
PenilaianProsesdanHasilBelajar
KriteriaKenaikanKelas
- Kriteriakenaikankelasditentukanolehsatuanpendidikan,
denganketentuan minimal :
- Menyelesaikan
seluruh program pembelajaran dalam dua semester pada tahun pelajaran yang
diikuti.
- Mencapai
tingkat kompetensi yang dipersyaratkan, minimal sama dengan KKM.
- Mencapai
nilai sikap untuk semua mata pelajaran minimal baik.
- Tidak
terdapat nilai kurang dari KKM maksimal pada dua mata pelajaran.
- Ketidakhadiran
siswa tanpa keterangan maksimal 15 % dari jumlah hari efektif.
PenilaianProsesdanHasilBelajar
KriteriaKelulusan
- menyelesaikanseluruh
program pembelajaran
- memperolehnilai
minimal baikpadapenilaianakhiruntukseluruhmatapelajaran
- lulus
ujiansekolah/madrasah; dan
- lulus
UjianNasional
PenilaianProsesdanHasilBelajar
Selesai
Terimakasih
PenilaianProsesdanHasilBelajar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar