Senin, 12 Maret 2018

PENILAIANdalamKURIKULUM 2013
PenilaianProsesdanHasilBelajar

Daftar Isi
1
KebijakanUmumPenilaian
2
PenilaianProsesdanKompetensisecaraUtuh
3
PenilaianKompetensiSikap
4
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
5
Penilaian Kompetensi Keterampilan
6
Model Rapor
PenilaianProsesdanHasilBelajar

1
Kebijakan Umum Penilaian
PenilaianProsesdanHasilBelajar

LandasanPenilaian
  • UU No 20 Tahun 2003
  • PP No 32 Tahun 2013
  • Permendikbud No 54 Tahun 2013
  • Permendikbud No 64 Tahun 2013
  • Permendikbud No 65 Tahun 2013
  • Permendikbud No 66 Tahun 2013
  • Permendikbud No 81 A Tahun 2013 , Lampiran IV
PenilaianProsesdanHasilBelajar

Pengertian
  • PenilaianadalahprosespengumpulandanpengolahaninformasiuntukmengukurpencapaianhasilbelajarPesertaDidik
  • Penilaianmerupakanserangkaiankegiatanuntukmemperoleh, menganalisis, danmenafsirkan data tentangprosesdanhasilbelajarpesertadidik yang dilakukansecarasistematisdanberkesinambungan, sehinggamenjadiinformasi yang bermaknadalampengambilankeputusan
  • Penilaiandapatdilakukanselamapembelajaranberlangsung (penilaianproses) dansetelahpembelajaranusaidilaksanakan (penilaianhasil/produk)
PenilaianProsesdanHasilBelajar

PrinsipdanPendekatanPenilaian
Prinsip
Pendekatan
Pendekatanpenilaian yang digunakanadalahpenilaianacuankriteria (PAK)
PAK merupakanpenilaianpencapaiankompetensi yang didasarkanpadakriteriaketuntasan minimal (KKM).
KKM Pengetahuan dan Keterampilan : > 2.66
KKM Sikap : Baik
  • Sahih
  • Objektif
  • Adil
  • Terpadu
  • Ekonomis
  • Transparan
  • Menyeluruhdankesinambungan
  • Sistematis
  • Akuntabel
  • Edukatif
PenilaianProsesdanHasilBelajar

KarakteristikPenilaian
PenilaianProsesdanHasilBelajar

JENIS PENILAIAN
  • Penilaian otentik
  • Penilaian diri
  • Penilaian berbasis portofolio
  • Ulangan harian
  • Ulangan tengah semester
  • Ulangan akhir semester
  • Ujian Tingkat Kompetensi/ UTK
  • Ujian Mutu Tingkat Kompetensi/ UMTK
  • Ujian Nasional/ UN
  • Ujian Sekolah

Sistem Penilaian Kurikulum 2013
PenilaianProsesdanHasilBelajar

Sistem Penilaian Kurikulum 2013
  • Ujian Tingkat Kompetensi
  • (yang bukan UN)
  • Waktu: Tiap tingkat kompetensi
  • 2. Ujian Sekolah
  • Waktu: Akhir jenjang sekolah
1. Penilaian Otentik
Waktu: terus menerus
2. Penilaian Projek
Waktu: Akhir Bab/Tema
3. Ulangan Harian
Waktu: Sesuai rencana
4. UTS/UAS
Waktu: Semesteran
Guru
Pemerintah
1. Ujian Tingkat Kompetensi (UN)
Waktu: Akhir jenjang sekolah
2. Ujian mutu Tingkat Kompetensi
Waktu: Tiap akhir tingkat
kompetensi
Penilaian Diri
Waktu: Sebelum ulangan harian
PenilaianProsesdanHasilBelajar

Tingkat Kompetensi dan Ujiannya
Tingkat Kompetensi VI
Uji Tingkat Kompetensi VI
Tingkat Kompetensi V
Uji Tingkat Kompetensi V
Tingkat Kompetensi IVa
Uji Tingkat Kompetensi IVa
Tingkat Kompetensi IV
Uji Tingkat Kompetensi IV
Tingkat Kompetensi III
Uji Tingkat Kompetensi III
Tingkat Kompetensi II
Uji Tingkat Kompetensi II
Tingkat Kompetensi I
Uji Tingkat Kompetensi I
PenilaianProsesdanHasilBelajar

RuangLingkupPenilaian
  • Tes Tulis
  • Tes Lisan
  • Penugasan
  • Observasi
  • Penilaiandiri
  • Peni. antarpesertadidik
  • Jurnal
  • TesPraktik
  • Projek
  • Portofolio
PenilaianProsesdanHasilBelajar

2
Penilaian Proses dan Kompetensi secara utuh
PenilaianProsesdanHasilBelajar

PenilaianProsesdanHasilBelajar

TeknikdanInstrumenPenilaian
PenilaianProsesdanHasilBelajar

3
Penilaian Kompetensi Sikap
PenilaianProsesdanHasilBelajar

Sikap yang dinilai
PenilaianProsesdanHasilBelajar

TeknikdanInstrumenPenilaian
PenilaianProsesdanHasilBelajar

ContohInstrumenPenilaianSikap
Sesuai Mata Pelajaran
PenilaianProsesdanHasilBelajar

PedomanObservasiSikap Spiritual
Petunjuk :
Lembaraninidiisioleh guru untukmenilaisikap spiritual pesertadidik. Berilahtandacek (v) padakolomskorsesuaisikap spiritual yang ditampilkanolehpesertadidik, dengankriteriasebagaiberikut :
4 = selalu, apabilaselalumelakukansesuaipernyataan
3 = sering, apabilaseringmelakukansesuaipernyataandan
kadang-kadangtidakmelakukan
2 = kadang-kadang, apabilakadang-kadangmelakukandan
seringtidakmelakukan
1 = tidakpernah, apabilatidakpernahmelakukan
Catatan: Aspek Pengamatan dapat diubah guru sesuai dengan kepentikanyg ingin dicapai
NamaPesertaDidik: ………………….
Kelas : ………………….
TanggalPengamatan: …………………..
MateriPokok: …………………..
PenilaianProsesdanHasilBelajar

  • LEMBAR PENILAIAN DIRI
  • SIKAP JUJUR
  • Nama Peserta Didik:………………….
  • Kelas:………………….
  • Materi Pokok:………………….
  • Tanggal:………………….
  • PETUNJUK
  • Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
  • berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari
  • Keterangan :
  • SL = Selalu , apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
  • SR = Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
  • KD = Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
  • TP = Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
PenilaianProsesdanHasilBelajar

Lembar Penilaian Antarpeserta didik
Sikap Disiplin
Petunjuk :
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik yang dinilai: ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan: …………………..
Materi Pokok: …………………..
PenilaianProsesdanHasilBelajar

Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 14, skor tertinggi 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik: apabila memperoleh skor : 3.33 < skor < 4.00
Baik: apabila memperoleh skor : 2.33 < skor < 3.33
Cukup : apabila memperoleh skor : 1.33 < skor < 2.33
Kurang : apabila memperoleh skor : skor < 1.33
PenilaianProsesdanHasilBelajar

Jurnal
Nama : ……………….
Kelas : ……………….
PenilaianProsesdanHasilBelajar

LembarPengamatanSikap
Kelas : …………………
Hari, Tanggal : …………………
Materi Pokok : …………………
PenilaianProsesdanHasilBelajar

ContohPengolahanRapor
Deskripsi :
Menunjukkan sikap baik dalam kejujuran, kedisiplinan, dan percaya diri.
PenilaianProsesdanHasilBelajar

4
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
PenilaianProsesdanHasilBelajar

TeknikdanInstrumenPenilaian
PenilaianProsesdanHasilBelajar

ContohInstrumenPenilaianPengetahuan
Sesuai Mata Pelajaran
PenilaianProsesdanHasilBelajar

CONTOH PENGOLAHAN PENILAIAN KD PENGETAHUAN
Cara Konversi Skor ke skala 1 - 4
Deskripsi :
Menguasai semua kompetensi pengetahuan dengan BAIK, terutama dalam . . . , tetapi masih perlu meningkatkan kompetensi . . . .

5
PenilaianKompetensi Keterampilan
PenilaianProsesdanHasilBelajar

TeknikdanInstrumenPenilaian
PenilaianProsesdanHasilBelajar

PenilaianKeterampilan
  • Penilaianmencakup :
    • PenilaianProses
      • Perencanaan
      • Pelaksanaan
      • Penyajian
    • PenilaianHasil
      • Isilaporan
      • Bahasa
      • Estetika
  • PedomanPenskorandanRubrik
PenilaianProsesdanHasilBelajar

ContohInstrumen
Sesuai Mata Pelajaran
PenilaianProsesdanHasilBelajar

ContohPenilaianProjek
Kelompok : ……………………..
Kelas : ……………………...
Tema : .........................
PenilaianProsesdanHasilBelajar

Lembar Penilaian Gagasan Kreatif
Kelas: ............................
Nama: ............................
Topik: .............................
  • Pedoman penskoran
  • 4 = sangat baik
  • 3 = baik
  • 2 = cukup
  • 1 = kurang
PenilaianProsesdanHasilBelajar

PengolahanNilaiKeterampilan
  • Pengolahannilaidapatmenggunakanbobot yang samaatauberbedauntukteknikpenilaian
  • Rumuspengolahannilai
PenilaianProsesdanHasilBelajar

CONTOH PENGOLAHAN PENILAIAN KD KETERAMPILAN
Cara Konversi Skor ke skala 1 - 4
A: Praktik
B: Projek
C :Portofolio
Deskripsi :
Menguasai semua kompetensi keterampillan dengan BAIK, terutama dalam . . . , tetapi masih perlu meningkatkan kompetensi . . . .

6
Model Rapor
PenilaianProsesdanHasilBelajar

Permendikbud No 66 Tahun 2013Bab II bagian E
Laporan hasil penilaian oleh pendidik berbentuk
  • nilaidan/ataudeskripsipencapaiankompetensi, untukhasilpenilaian kompetensi pengetahuan dan keterampilan termasuk penilaianhasilpembelajarantematik-terpadu.
  • deskripsisikap, untukhasilpenilaiankompetensisikap spiritual dansikapsosial.
PenilaianProsesdanHasilBelajar

Model Rapor SMK
PenilaianProsesdanHasilBelajar

Model RaporSMP (2) DeskripsiNilai
PenilaianProsesdanHasilBelajar

Lanjutan

KonversiNilaiPengetahuan, Keterampilan, Sikap
PenilaianProsesdanHasilBelajar

RentangNilaiuntuk KI 3 dan KI 4
PenilaianProsesdanHasilBelajar

RentangNilaiuntuk KI1 dan KI 2
PenilaianProsesdanHasilBelajar

KetuntasanBelajar
PenilaianProsesdanHasilBelajar

KriteriaKenaikanKelas
  • Kriteriakenaikankelasditentukanolehsatuanpendidikan, denganketentuan minimal :
    • Menyelesaikan seluruh program pembelajaran dalam dua semester pada tahun pelajaran yang diikuti.
    • Mencapai tingkat kompetensi yang dipersyaratkan, minimal sama dengan KKM.
    • Mencapai nilai sikap untuk semua mata pelajaran minimal baik.
    • Tidak terdapat nilai kurang dari KKM maksimal pada dua mata pelajaran.
    • Ketidakhadiran siswa tanpa keterangan maksimal 15 % dari jumlah hari efektif.
PenilaianProsesdanHasilBelajar

KriteriaKelulusan
  • menyelesaikanseluruh program pembelajaran
  • memperolehnilai minimal baikpadapenilaianakhiruntukseluruhmatapelajaran
  • lulus ujiansekolah/madrasah; dan
  • lulus UjianNasional
PenilaianProsesdanHasilBelajar

Selesai
Terimakasih
PenilaianProsesdanHasilBelajar



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUKTI FISIK AKREDITASI 2018

LANGKAH STRATEGIS PERSIAPAN AKREDITASI SEKOLAH/MADRASAH ERFI EFENDI,S.Sos.I Kepala SMP Muhammadiyah 1 Bangunrejo  ABSTRAK ...